Minggu, 29 Desember 2019

MUNAS IV TAREKAT IDRISIYYAH Berkhidmah sebagai Sarana Menyongsong Pertolongan Allah

Syekh Akbar Memberikan Pembekalan kepada Peserta Musyawarah IV Tarekat Idrisiyyah

Di tengah asyiknya liburan sekolah dan akhir tahun Tarekat Idrisiyyah justru disibukkan dengan kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) IV, selama 2 hari Sabtu – Ahad (28 – 29/12), di Aula Musyahadah Masjid Al-Fattah, Tasikmalaya. Munas menghadirkan 145 pengurus Tarekat Idrisiyyah dan Ketua Zawiyyah (cabang) se-Indonesia.


Hari Pertama

Acara dimulai dengan dan pembacaan tawasul oleh Ustadz Ahmad Faqih, S.Pd  dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Ustadz Muhammad Muslih, S.Pd.   Pembawa acara, Ustadz Deden Hidayatullah, S.Pd  memandu  hari pertama MUNAS ke-4 Tarekat Idrisiyyah. Seluruh peserta munas mendapatkan pembekalan dari Mursyid Tarekat Idrisiyyah, Syekh Akbar Muhammad Fathurahman, M.Ag.

Beliau menekankan kembali kepada seluruh jajaran pengurus dan para ketua zawiyah yang hadir agar selalu menjaga hati dengan Takhliyah (mengosongkan hati dari selain Allah SWT) sebagai syarat mutlak menjadi penolong agama Allah dalam berkhidmah (pengabdian) di Tarekat Idrisiyyah.

Takhliyah selalu membersihkan hati dari penyakit-penyakit hati. Menurut Syekh Akbar, jika seorang pengurus membiarkan penyakit hati menjangkitinya, maka dua kerugian besar akan diterimanya, Pertama rusak amaliyah ibadah sehari-harinya. Kedua, rusak kinerja dan tim.  “Tugas khidmah bukan mengandalkan Superman tapi Superteam,” tegasnya. 

Usai diumumkan susunan struktur kepengurusan baru Tarekat Idrisiyyah oleh Syekh Akbar M. Fathurahman, para pengurus terpilih melakukan dialog dan diskusi di masing-masing di direktorat barunya. Momen ini sebagai bentuk taaruf atas peralihan dan penempatan pengurus-pengurus baru terpilih. 

Rencananya pengukuhan resmi kepengurusan baru akan diumumkan oleh Mursyid Tarekat Idrisiyyah pada pengajian Arbain Tasikmalaya di awal tahun baru 2020, insya Allah.

Sesi selanjutnya, Pembentukan Struktur Organisasi Baru yang dipimpin langsung oleh Mursyid Tarekat Idrisiyyah, Syekh Akbar Muhammad Fathurahman M.Ag. Bentuk utama dari struktur baru ini terbagi menjadi dua pimpinan penting dibawah Mursyid, yaitu Mudir Majelis Ketarekatan dan CEO Idrisiyyah Foundation.

Presentasi Direktorat Marketing Communication (MarCom) yang disampaikan oleh Bapak Eman Mulyatman, S,Sos
Acara berlanjut presentasi untuk setiap bagian dari masing masing Direktorat. Direktorat Marketing Communication (MarCom) yang disampaikan oleh Bapak Eman Mulyatman, S,Sos menjadi yang pertama dalam mempresentasikan struktur pengurus yang akan Khidmah diperiode 2020-2023. Selanjutnya Direktorat Pendidikan yang disampaikan oleh Ustadz Asep Deni, M.Pd menyampaikan apa saja struktur yang ada dibawahnya.

Olaharaga bersama Syekh  Akbar Muhammad Fathurahman
Hari Kedua

Rangkaian MUNAS Ke-4 sudah memasuki hari ke-2 Ahad (29/12). Pagi hari melaksanakan olahraga bersama Syekh Akbar. Setelah senam dan pemanasan berlanjut lari pagi dari Masjid Al Fattah menuju Perumahan Kampoeng Hijrah Residence. Perumahan ini merupakan perumahan yang dikelola oleh salah satu unit usaha Idrisiyyah, PT Usaha Mandiri Idrisiyyah (UMI).  

Acara berlanjut dengan presentasi dari Direktorat yang belum menyampaikan pada hari sebelumnya. Direktur LBH Idrisiyyah, Ustadz Imam Muharram, Agnia Care oleh Bapak Mara Umar dan Lembaga Pembinaan Keluarga Sejahtera oleh Ustadz Han Han Burhani menyampaikan presentasi dari Direktorat terkait.

Presentasi selanjutnya disampaikan oleh Ustadz Ahmad Tazakka dan bapak Eko Wirawan, serta dilanjutkan dari 4 PT (Perseroan Terbatas) yang berada dibawah Tarekat Idrisiyyah yaitu PT UMI (Usaha Mandiri Idrisiyyah), PT RUT (Rizkia Utama Travelindo), PT TSM (Tatar Sunda Megasarana) dan PT MUI (Multi Usaha Idrisiyyah).  Presentasi ditutup dengan penyampaian dari Bapak  Irfan Budiono dan Bapak Brha Eka yang turut hadir dalam MUNAS Ke-4 ini.

Pembekalan dari Syekh Akbar menutup rangkaian kegiatan MUNAS yang telah berlangsung selama 2 hari ini. “Pertolongan Allah akan turun bila kita maksimal dalam berjuang,” tutur Syekh Akbar M Fathurahman.

Setelah pembekalan pengurus dan juga Anshorullah berbaiat kembali dengan Syekh Akbar untuk memperkuat komitmen perjuangan dalam Tarekat Idrisiyyah. Munas keempat ini mengawali babak baru khidmah di masa bakti 2020-2023.

Prosesi Baiat 

Prosesi Baiat 



Silakan Klik:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar