Jumat, 24 April 2020

Empat Keutamaan Majelis Zikir

 
Kajian Ilmu dan Zikir Tarekat Idrisiyyah | Marcomm
“Tidaklah sekelompok orang duduk berzikir kepada Allah SWT, kecuali para malaikat mengelilingi mereka, rahmat (Allah SWT) meliputi mereka, ketentraman turun kepada mereka, dan Allah SWT menyebut-nyebut mereka di hadapan (para malaikat) yang ada di sisi-Nya.” (HR Muslim)
Mutiara-Ibriz | Dalam hadits tersebut menerangkan pula bahwa Allah SWT memberikan Empat keutamaan bagi siapa saja yang duduk di Majelis Zikir.

Pertama, Para malaikat mengerumuni orang-orang yang duduk di Majelis Zikir, mereka adalah malaikat Sayyarah yang diberikan tugas oleh Allah SWT untuk mencari Majelis Zikir di dunia.

Rasulullah saw mengajarkan ketika berdzikir berupaya keras melawan kantuk, maka metode yang ampuh adalah dengan mengeraskan suara saat berdzikir. Sebagaimana pada masa Rasulullah Saw Umar bin Khaththab ra sering melaksanakan shalat tahajud dengan suara yang dikeraskan untuk membangkitkan sahabat lainnya supaya bangun mendirikan shalat tahajud.

Kedua, Atmosfir Majelis Dzikir dipenuhi dengan rahmat Allah SWT.

Ketiga, Allah menurunkan ketenangan karena hati orang yang berdzikir sedang beserta dengan Allah, sementara hati akan gelisah ketika bersama dengan makhluk dan berambisi mengejar kesenangan dunia.

Keempat, Allah menyebut-nyebut nama orang yang berDzikir dihadapan para malaikat, mereka adalah malaikat muqarrabin yang bersama Allah.

Mencuri perhatian Allah SWT membuat Allah SWT bangga, sebab betapa mahal Majelis yang membuat hati tersambung dengan Allah SWT. Majelis Dzikir pun sangatlah efektif untuk membersihkan hati dan menumbuhkan kecintaan kita kepada Allah SWT. Maka pantas Allah SWT memberikan keutamaan dan menyebut nama orang yang berdzikir dihadapan para malaikat.

Rasulullah Saw bersabda, Allah SWT berfirman, "Aku ini (bertindak) sesuai dengan prasangka hamba-Ku padaku. Aku selalu bersamanya jika ia mengingat-Ku. Apabila ia mengingat-Ku di dalam hatinya, maka Aku pun menyebutnya sendiri. Jika dia mengingat-Ku di tengah-tengah orang banyak, maka aku akan menyebutnya di tengah-tengah orang banyak yang lebih mulia dari pada orang banyak saat ia mengingat-Ku." (HR. al Bukhari dan ahli hadits lainnya)

Para wali Allah sampai fana dan tidak sadarkan diri karena merasakan 4 keutamaan dalam Majelis Dzikir ini, mereka tenggelam dalam Tauhid. Maka ketika belajar Ilmu Tauhid yang dipadukan dengan Ilmu Tasawuf  iman bukan hanya diucapkan akan tetapi sampai dinikmati dan dirasakan.

Hanya kepada orang yang memadukan antara zikir dan fikir maka Allah SWT akan memberikan rahasia dalam semua peristiwa yang sedang terjadi. Semua karena kehendak Allah dan disanalah ada rahasia dalam semua yang terjadi, dan hanya hati para wali Allah yang hatinya sentiasa berzikir dan bertafakur. [|]
Sebelumnya:

Silakan Klik
Lengkapi Kebutuhan Anda
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar